Tuesday, April 1, 2014

PR 1 ERP



ERP (Enterprise Resource Planning)
PT. Toyota Astra Motor, dimana tempat saya bekerja menggunakan SAP versi ECC 6.0 dengan menggunakan beberapa modul yang terdapat di SAP dan di sesuaikan dengan bisnis proses perusahaan. Sistem ini implementasi PT. TAM sejak 2003 dan penggunanya adalah :
·      Area Accounting
·      Area Finance
·      Area GA
·      Area HR
·      Area Services Lexus

SAP (Systems Application and Products in Data Processing) terdiri dari sejumlah modul-modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap-tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul-modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi dan terhubung satu dengan yang lainnya. Berikut adalah modul – modul yang terdapat pada SAP.
-    Sales & Distribution:  Meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (prosessales, shipping dan billing)

-  Materials Management: Membantu proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory

- Production Planning: Proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.

-   Quality Management: Membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistik

-    Plant Maintenance: Suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis

-  Human Resources Management : Mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai

- Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.

- Controlling : Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accountingcost element accounting, dan analisa profitabilitas

- Asset Management: Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling

- Project System: Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan control.

Keuntungan menggunakan SAP adalah sebagai berikut.
  • Produktivitas DC warehouse dan inventory accuracy yang mencapai 97% setelah mengimplementasikan warehouse management system,
  • Workflow dan otomatisasi proses bisnis,
  • Peningkatan jaringan dan kemudahan berbagi data antara masing-masing bagian,
  • Pengurangan biaya administrasi,
  • Hasil laporan pun lebih akurat dan dapat diperoleh secara instan.
Kelemahan penggunaan SAP adalah sebagai berikut.
·      Biaya perangkat lunak yang tinggi,
·      Perangkat lunak kompleksitas baik dalam pelaksanaan dan pemanfaatan implementasi,
·      Implementasi yang memakan waktu yang cukup lama.

Rangkuman Blog (http://boboup.wordpress.com)
Tugas 1:
Pada tugas ini, dijelaskan mengenai Proses Procure to Pay, dimana proses procure to pay  adalah jantung dari setiap organisasi. Procure to Pay merupakan sebuah proses pengadaan barang yang diperlukan di dalam bisnis. Berikut modul yang menjadi bagian-bagian Procure to Pay ada di EBS (E-Business Suite).Procure to Pay berkaitan erat dengan modul-modul ini: iProcurement, iSupplier Portal, Service Procurement, Sourcing,Procurement Contract, Approval Management, E-Bisnis Tax, iExpenses, dan Payment.
Tugas 2:
Pada bagian ini, dijelaskan tentang aplikasi BB FlashBack Express dan Bizagi Process Modeler. Sofware BB FlashBack Express adalah salah satu software yang berfungsi untuk merekam semua aktivitas desktop Windows dan dilengkapi dengan editor built-in yang memungkinkan Anda untuk membubuhi keterangan film dengan teks dan merekam komentar diucapkan dan langsung mengekspor ke format flash dan AVI sehingga film dapat disimpan dalam halaman web dan dokumen. Sedangkan, Bizagi Process Modeler adalah aplikasi freeware untuk grafis diagram, dokumen dan mensimulasikan proses dalam format standar yang dikenal sebagai  Business Process Modeling Notation (BPMN). Proses diekspor ke Word, PDF, Visio, web atau SharePoint untuk dibagikan dan dikomunikasikan.
Tugas 3:
Pada bagian ini, dijelaskan tentang Adempiere (dieja ah-DEHM-pyeh-reh), suatu proyek yang diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM).
Tugas 4:
Pada bagian ini, dijelaskan tentang PT. Kelapa Global Duta (PT. KITA), didirikan pada tahun 2003. PT tersebut memiliki visi dan misi, struktur organisasi serta busnis proses pada PT. tersebut.

No comments:

Post a Comment