ERP
(Enterprise Resource Planning)
PT. Toyota Astra Motor, dimana tempat
saya bekerja menggunakan SAP versi
ECC 6.0 dengan menggunakan beberapa modul yang terdapat di SAP dan di sesuaikan
dengan bisnis proses perusahaan. Sistem ini implementasi PT. TAM sejak 2003 dan
penggunanya adalah :
· Area
Accounting
· Area
Finance
· Area
GA
· Area HR
· Area Services Lexus
SAP (Systems
Application and Products in Data Processing) terdiri dari sejumlah
modul-modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk mendukung semua transaksi
yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap-tiap aplikasi bekerja secara
berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul-modul aplikasi di SAP dapat
bekerja secara terintegrasi dan terhubung satu dengan yang lainnya.
Berikut adalah modul – modul yang terdapat pada SAP.
- Sales &
Distribution:
Meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan
dengan proses pengelolaan customer
order (prosessales,
shipping dan billing)
- Materials
Management: Membantu proses pembelian (procurement)
dan pengelolaan inventory
- Production Planning: Proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi
(manufacturing) suatu
perusahaan.
- Quality Management: Membantu
men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistik
- Plant Maintenance: Suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan
sistem
secara teknis
- Human Resources
Management : Mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi
pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk
perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
- Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi
untuk tujuan financial reporting.
- Controlling : Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa
profitabilitas
- Asset Management: Membantu
pengelolaan atas keseluruhan fixed
assets, meliputi proses asset
accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling
- Project System: Mengintegrasikan keseluruhan
proses perencanaan project, pengerjaan dan control.
Keuntungan menggunakan SAP
adalah sebagai berikut.
- Produktivitas DC warehouse dan inventory accuracy yang mencapai 97% setelah mengimplementasikan warehouse management system,
- Workflow dan otomatisasi proses bisnis,
- Peningkatan jaringan dan kemudahan berbagi data antara masing-masing bagian,
- Pengurangan biaya administrasi,
- Hasil laporan pun lebih akurat dan dapat diperoleh secara instan.
Kelemahan penggunaan SAP
adalah sebagai berikut.
·
Biaya perangkat
lunak yang tinggi,
·
Perangkat lunak
kompleksitas baik dalam pelaksanaan dan pemanfaatan implementasi,
· Implementasi
yang memakan waktu yang cukup lama.
Rangkuman
Blog (http://boboup.wordpress.com)
Tugas 1:
Pada tugas ini, dijelaskan mengenai Proses Procure
to Pay, dimana proses procure to pay adalah
jantung dari setiap organisasi. Procure to Pay merupakan sebuah proses
pengadaan barang yang diperlukan di dalam bisnis. Berikut modul yang menjadi
bagian-bagian Procure to Pay ada di EBS (E-Business Suite).Procure to Pay
berkaitan erat dengan modul-modul ini: iProcurement, iSupplier Portal, Service
Procurement, Sourcing,Procurement Contract, Approval Management, E-Bisnis Tax,
iExpenses, dan Payment.
Tugas 2:
Pada bagian ini,
dijelaskan tentang aplikasi BB FlashBack Express dan
Bizagi Process Modeler. Sofware BB FlashBack Express adalah salah satu software
yang berfungsi untuk merekam semua aktivitas desktop Windows dan dilengkapi
dengan editor built-in yang memungkinkan Anda untuk membubuhi keterangan film
dengan teks dan merekam komentar diucapkan dan langsung mengekspor ke format
flash dan AVI sehingga film dapat disimpan dalam halaman web dan dokumen. Sedangkan,
Bizagi Process Modeler adalah aplikasi freeware
untuk grafis diagram, dokumen dan mensimulasikan proses dalam format standar
yang dikenal sebagai Business
Process Modeling Notation (BPMN). Proses diekspor ke Word, PDF,
Visio, web atau SharePoint untuk dibagikan dan dikomunikasikan.
Tugas 3:
Pada bagian ini,
dijelaskan tentang Adempiere (dieja ah-DEHM-pyeh-reh), suatu proyek yang
diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber
terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource
planning (ERP), customer relationship management (CRM),
dan suplay chain management (SCM).
Tugas 4:
Pada bagian ini, dijelaskan tentang PT. Kelapa Global Duta (PT. KITA), didirikan pada tahun
2003. PT tersebut memiliki visi dan misi, struktur organisasi serta busnis
proses pada PT. tersebut.
No comments:
Post a Comment